Fungsi Pantun Bagi Remaja



                       Fungsi Pantun Bagi Remaja



    Hai,
    Pernah dengar pantun? Yap pantun adalah salah satu budaya lokal kita yang berasal dari budaya melayu. Jaman dulu rakyat melayu sering menggunakan pantun sebagai media berkomunikasi. Bukan cuman sekedar hiburan tapi juga dalam berkomunikasi sehari hari loh.

    Tapi semakin ke sini, eksistensi pantun mulai memudar, khusunya di tengah tengah remaja indonesia. Padahal banyak banget manfaat dari pantun yang bisa kita ambil untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari hari karena pantun bukan sekedar prosa biasa. Pantun memiliki makna dan nasehat di setiap isinya. Oleh karena itu, pantun ini haruslah kita jaga kelestariannya dan bangga memiliki pantun sebagai budaya kita. Apalagi buat kalian yang jomblo, pantun ini bisa jadi senjata nih buat kalian pdktan ama doi, hehe.

Nah oleh karena itu sekarang kita akan membahas pantun bagi remaja. Mulai dari pengertian, jenis pantun, dan fungsinya. Apa sana ya kira kira, mari kita bahas satu per satu. 

PENGERTIAN

  Pantun bagi remana yang disebut pantun orang muda/remaja ini adalah pantun untuk remaja baik laki-laki maupun perempuan yang diapakai untuk menyampaikan sesuatu, perkenalan dan lain-lain. Pada dasarnya pantun orang muda ini lebih digunakan untuk perkenalan dan untuk orang yang sudah menjalin hubungan. Pantun orang muda ini ada beberapa jenis loh, yuk cari tahu apa saja! 
 
JENIS JENIS PANTUN

  Berdasarkan isinya pantun orang muda dibedakkan menjadi; 
1. Pantun dagang atau nasib, 
2. Pantun perkenalan, 
3  Pantun berkasih-kasihan, dan 
4. Pantun perceraian. 
    Mari kita simak satu per satu ya. Mulai dari pengertian dan fungsinya. 

Pantun Dagang atau nasib, merupakan rangkaian kata-kata yang merefleksikan nasib seseorang. Pantun ini biasanya dinyanyikan/dibacakan oleh orang-orang yang berada diperantauan. 

Pantun Perkenalan, adalah pantun yang berisi ungkapan untuk mengenal seseorang. Nah ini nih pantun yang berguna banget kalo kalian mau kenalan ama doi tapi bingung pake cara apa. Pantun bisa kalian jadiin kedok nih buat kenalan hehehe. Kalau kalian bingung gimana caranya, berikut satu contoh yang bisa banget kalian gunakan. 

contoh:  Darimana hendak kemana
               Manggis dipetik berasa jamu
               Kalau boleh saya bertanya
               Gadis cantik siapa namamu

Pantun berkasih-kasihan, adalah pantun yang berisi ungkapan yang ditujukan untuk orang yang dicintainya, pantun ini digunakan saat sedang menjalin hubungan. Nah kalau tadi udah kenalan lewat pantun, kalo udah jadian jangan lupa pake pantun juga ya. Pantun berkasih kasihan ini alternatif kreatif buat kalian ngegombal nih. Dibanding gombalan yang udah banyak banget dipake, pantun akan buat kalian lebih kece deh. Dan yang terakhir, 

Pantun perceraian, yang berisi tentang ucapan perpiahan atau perceraian. Ini pantun bukan dipakai untuk mengejek pasangan yang bercerai ya, melainkan untuk memberi amanat kepada mereka yang telah bercerai. Yaa doain aja hubungan kalian jangan sampai disisipin pantun perceraian ya hehe. 

  Dalam pantun remaja tiap bentuk isnya memiliki fungsi tersendiri sesuai jenisnya pantun perkenalan untuk berkenalan, berkasih-kasihan untuk yang sudah menyatakan rasa sayang. Namun fungsi utama pantun bagi remaja menjadikan mereka berpikir positif, hubungan 1 dan lain baik, serta menjadikan mereka berpikir kreatif. Jadi gimana udah tahu kan fungsi pantun bagi remaja? Aku harap setelah baca artikel ini kalian semakin tertarik dan mau melestarikan pantun juga ya. Terimakasih dan sampai jumpa

Post a Comment

2 Comments

  1. Makasih infonya mas, semoga blog ini makin maju ;)

    ReplyDelete
  2. i like pantun.. ;)

    ReplyDelete

Give your advice, Thanks

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)