Naruto,
siapa yang tidak kenal dengan karakter heroik anime yang satu ini. Dikenal sebagai ninja yang pantang menyerah mengejar impiannya sebagai seorang yang diakui oleh penduduk desa dengan menjadi seorang Hokage, yaitu sebutan bagi seorang pemimpin di desa Konoha. 
   Nah karakter naruto sendiri tidak mungkin akan sepopuler yang kita tahu apabila tidak memiliki story line yang menarik. Bisa dibilang Masashi Kishimoto sang manga artist dari anime naruto dan naruto shippuden sangat berhasil dalam membangun dan menyampaikan kisah dunia shinobi sehingga para penikmat anime ini bisa ikut merasakan emosi dari para karakter karakter fiksi yang diceritakan di dalamnya. Nah kira kira apalagi ya faktor faktor yang menjadi alasan di balik kesuksesan anime ini?
   Berikut alasan alasan mengapa naruto bisa jadi salah satu anime terbaik sepanjang masa. 

   1. Menceritakan dunia ninja dalam kisah dunia shinobi. 
   Seperti yang pada umumnya kita ketahui sosok ninja yg erat dengan budaya jepang memang sangat menarik untuk dibahas. Mendengar kata ninja selalu mengingatkan kita tentang sekelompok orang berpakaian gelap serba tertutup, dengan hanya memberi celah pada bagian mata. Ya apalagi di mata anak anak, karakter ninja sudah dikenal baik melalui anime anak anak semacam ninja hatori.
   Namun berbeda dengan ninja pada umumnya, dalam anime Naruto, ninja digambarkan sebagai seorang shinobi yaitu orang yang mampu mengotrol chakra (semacam energi dalam jumlah besar yang berasal dalam diri manusia) dalam diri meraka untuk diubah ke dalam beberapa elemen dan menjadikan elemen tersebut sebagai dasar dari beberapa jutsu. Nantinya jutsu jutsu yang berasal dari chakra tersebut dikenal sebagai ninjutsu. 
   Penggambaran ninja dalam karakter fiksi shinobi ini membuat para pembaca semakin dimanja dengan berbagai macam kemampuan dari masing masing shinobi. Hal inilah membuat cerita sangat dinamis dan menarik untuk diikuti. 

   2. Alur cerita yang masuk akal
   Berbeda dengan anime anime lain di mana karakter karakter memiliki kemampuan yang entah datang dari mana. Karakter dalam anime ini harus melewati berbagai upaya dan latihan untuk memiliki kemampuan yang hebat. Tak ada yang instan untuk menjadi kuat. Hal ini digambarkan jelas dengan adanya akademi. Akademi adalah secamam sekolah dimana para anak anak yang bercita cita menjadi seorang shinobi diajarkan tentang bagaimana mengasah kemampuan dan menjadi seorang yang cerdas. 

   3. Hierarkis
   Dalam anime naruto ini, kita akan menemukan semacam jenjang kepangkatan atau tingkatan ninja. Mulai dari yang terendah yaitu, 
-Murid Akademi
-Genin
-Chunin
-Tokubetsu Jonin
-Jonin
   Hierarkis semacam ini membuat penikmat manga bisa lebih merasakan perbedaan kemampuan pada tiap karakter. Tingakatan semacam ini juga menarik untuk diikuti karena pembaca manga juga turut merasakan perbedaan usaha dari masing masing karakter untuk mecapai tingkatan tertentu. 

   4. Motivatif
   Dalam perjalanannya, anime ini memberi banyak sekali kisah kisah inspiratif yang memberi semangat positif dan memotivasi para pembaca. Bukan untuk menjadi seorang shinobi, tapi memiliki semangat dan keinginan berbuat baik layaknya seorang shinobi. Dalam anime ini, Naruto sebagai karakter utama sangat menjadi sosok yang banyak dikagumi. Kerja kerasnya mulai dari seorang murid akademi ceroboh yang hidup menyendiri tanpa orang tua sedari kecil, sampai akhirnya mampu mewujudkan mimpinya sebagai seorang hokage. Selalu mampu memberi semangat baru bagi para pembaca manga. 

   5. Alur cerita yang panjang namun tetap konsisten dan saling berkaitan. 
   Tidak seperti anime anime lain yang memiliki sekitar 15-30 episode per season. Naruto mampu menyampaikan banyak konflik dan solusi dalam episode yang cukup panjang. Walau memiliki banyak episode anime ini punya plot yang jelas dan konsisten. Anime ini tetap fokus untuk membawa semua pada satu titik puncak cerita yang menjadi alasan mengapa dan kenapa semua bisa terjadi. 

   Nah jadi itu tadi alasan alasan mengapa naruto menjadi salah satu anime terbaik sepanjang masa. Gimana menurut kamu? Kalau ada yang kurang atau tidak setuju dengan apa yang disampaikan di atas, silahkan tulis dalam kolom komentar ya. Dan jangan lupa kalau kamu suka, tolong bantu share ya. Terimakasih.