Hai teman teman, pernahkan kalian mendengar tentang thetering atau yang biasa disebut kalau lagi nongkrong ama temen temen Hotspot. "Eh, solimin bagi hotspot dong". Pasti ga sedikit dari kita yang udah ga asing lagi dengar suara seperti itu, atau bahkan kita sendiri yang suka teriak teriak seperti itu.

Tethering atau Portable Hotspot adalah salah satu fitur penggunaan perangkat telepon seluler dengan akses Internet seperti layanan seluler 3G/ 4G untuk bertindak sebagai pintu masuk internet atau titik akses internet untuk perangkat lainnya. Istilahnya Perangkat lain dapat tersambung ke ke dalam akses jaringan internet yang kita buat melalui Bluetooth, Wi-Fi atau melalui Universal Serial Bus (USB).

Pengaktifan hotspot dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak seluler yang tergantung kepada sistem operasi seluler atau personal komputer. Awalnya penggunaan hotspot ini hanya dapat digunakan menggunakan aplikasi yang populer adalah Joikuspot yang menggunakan telepon seluler Nokia (Symbian), Samsung, dan Windows Mobile. Namun seiring berjalannya waktu, hotspot udah jadi fitur paling familiar dalam sebuah perangkat gadget khususnya smartphone. Untuk penggunaan hotspot paling efektif dan memiliki kecepatan transfer data yang stabil adalah menggunakan media Wi- Fi. Dibandingan dengan bluetooth, dan USB (Universal Serial Bus). Penggunaan wi- fi lebih efektif karna bisa digunakan untuk terhubung lebih dari satu perangkat, dan jarak akses yang lebih fleksibel. 

Salah satu cara yang sering dipakai adalah Wi-Fi Portable Hotspot
Langkah langkahnya adalah sebagai berikut
-Klik "Settings", untuk pergi ke menu pengaturan
-Tap pilihan menu "Wireless and Network ( jaringan dan nirkabel )" 
-Lalu tap pilihan menu "Tethering and Portable Hotspot"
-Kemudian tap "Portable Wi-Fi Hotspot"
-Setelah itu klik "Configure"
-Setting sesuai keinginan anda lalu "Turn on Wi-Fi Hotspot"
 
Selesai dan sekarang anda bisa berbagi koneksi internet dengan pengguna smartphone lainnya. Dan ingat jangan lupa ingatin temennya untuk tidak buka youtube ya. Hahaha. 
Sekian dulu artikeln mengenai hotspot portable atau thetering ini semoga bisa bermanfaat, dan jangan lupa untuk share ke teman teman kamu ya. Terimakasih