Halo teman teman, apa kabar? 
   Sebagai mahluk hidup, sudah seharusnya kita memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan tubuh salah satunya berolahraga. Berolahraga tidak hanya menjadikan tubuh kita lebih sehat tetapi juga membuat tubuh kita terasa lebih bugar. Salah satu olahraga yang paling mudah dilakukan adalah dengan cara berlari. 
   Berlari adalah salah satu olahraga yang cukup sederhana. Kita bahkan bisa dibilang sudah berlari sejak jaman purba. Jadi pada dasarnya berlari bukanlah sesuatu yang sulit karena sudsh melekat dengan kehidupan manusia sejak jaman dulu. Berlari tidak memerlukan alat alat merepotkan seperti olahraga weight lifting. Kita cukup memanfaatkan kaki kita saja. 
   Tapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan memberikan pengaruh pada tubuh kita, tentulah kita juga tidak boleh sembarangan ketika berlari. Tak sedikit keluhan sering disampaikan dari mereka yang hendak memulai berlari, seperti gampang capek, napas terasa cepat habis, sakit di bagian perut, dan lain lain. Terus bagimana ya cara berlari yang baik dan benar, agar kita bisa berlari dengan maksimal dan memberikan pengaruh baik untuk tubuh kita? Ada beberapa poin penting ketika kamu berlari mulai dari asupan makanan yang kamu perlukan sebelum berlari, apa yg harus dilakukan ketika berlari, dan apa yang sebaiknya dilakukan setelah berlari. 

   1. Persiapan
   Sebelum memulai kegiatan berlari, pastikan kamu dalam keadaan prima. Jaga pola makan dan minum air putih secara teratur. Pastikan perut kamu dalam keadaan kosong sebelum berlari. Artinya kamu perlu waktu sekurang kurangnya 1jam untuk makan sebelum berlari. Salah satu tips untuk menambah stamina ketika berlari adalah dengan mengonsumsi buah pisang. Kemudian jangan lupa untuk minum air putih secara teratur yaitu 8 gelas setiap hari. 70% tubuh kita adalah cairan, nah ketika kita berlari panas yang keluar dari dalam tubuh kita akan membuat kita berkeringat. Semakin banyak kita berkertingat tubuh kita akan semakin kekurangan cairan. Untuk itu kita perlu manjaga kadar cairan dalam tubuh kita sebelum berlari agar kita bisa berlari lebih maksimal. 
   Sebelum memulai berlari, pastikan juga untuk tidak lupa melakukan pemanasan. Hal ini dilakukan untuk meregangkan otot otot agar meminimalisir resiko cidera ketika berlari seperti keram yang umumnya terjadi. 

   2. Saat berlari
   Saat berlari, kita tidak hanya mengandalkan kaki kita saja. Ketika berlari perlu mengandalkan ayunan tangan dan pernapasan. Kelihatan sepele namun faktanya ayunan tangan ketika berlari dapat membantu kita untuk berlari lebih cepat. Usahakan untuk tidak menjatuhkan tangan ketika sedang berlari karna itu justru akan menambah beban di pundak ketika kita berlari. 
   Kemudian pernapasan. Pernapasan sangatlah penting ketika berlari. Dibanding bernapas melalui hanya hidung, melibatkan mulut untuk bernapas akan sangat membantu kita untuk bertahan lebih lama ketika berlari. Dengan bantuan mulut kita bisa menghirup oksigen dan membuang karbondioksida lebih banyak dibanding mulut. Semakin banyak oksigen yang kita hitup maka semakin lama pula panas dari dalan tubuh kita dihasilkan. Selain itu bernapas melalui mulut membuat otot dada kita bekerja lebih ringan dibanding hanya menggunakan hidung. Ritme yang baik ketika melakukan pernapasan adalah 
3 langkah tarik napas, 3langkah buang napas
Ini adalah ritme yang paling umum dilakukan ketika berlari. 
   Kemudian latih diri sendiri untuk tidak mudah menyerah terhadap rasa lelah. Di 3 atau 4 lap pada umumnya banyak yang mengeluh tidak kuat, dan langsung berhenti begitu saja. Ketika kita ingin melatih daya tahan tubuh, kita harus mampu terbiasa berlari sejauh mungkin. Tidak perlu seberapa cepat kita berlari, melainkan seberapa lama kita bisa bertahan. 

   3. Setelah berlari
   Setelah selesai berlari dengan baik, hal yang harus diperhatikan berikutnya adalah jangan terburu buru untuk mengistirahatkan diri. Ketika langkah kaki kita berhenti berlari, lanjutlah dengan langkah kecil, berjalan perlahan untuk pendinginan. Ini untuk melatih kaki kita untuk semakin kuat setiap kali kita usai berlari. Kalau sudah terbiasa, nanti perbedaannya akan terasa sendiri tanpa kita sadari. 

   Jadi itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita ingin memulai berlari. Ingat berlari bukanlah suatu hal yang berat, jadikan berlari sebagai bagian dari gaya hidup. Kalau kamu rasa artiken ini bermanfaat tolong bantu share ya. Sekian dan terimakasih