Hal hal yang dapat Kamu Lakukan ketika Tamat SMA



Halo teman teman semua,


Saya coba pastikan kalau kalian mampir ke postingan ini karena baru saja lulus SMA. Ada sebagian orang yang memilih untuk menyudahi perjalanan untuk memperoleh pendidikan lebih, menikahd an sebagainya. Namun ada juga yang memilih untuk melanjutkan dunia perkuliahan, Entah itu PTN, atau PTS.

Mungkin bagi kalian yang berasal dari keluarga berada, berkecukupan, semua akan terasa mudah bukan? Bagaimana dengan beberapa dari kalian yang mungkin sedang mencari jalan keluar, apa yang bisa dilakukan seorang anak sekolah yang baru saja tamat SMA. Mungkin sah sah saja kalau lolos PTN, bagaimana jika tidak?

Ingin memiliki penghasilan tambahan? Atau ingin menjamin masa depan yang baik meski tidak memiliki cukup uang? Berikut adalah ha hal yang bisa anda lakukan.

1. Coba mendaftar menjadi Mahasiswa Kedinasan.
Mungkin akan ada tanda tanya di benak kamu bahwa mendaftar menjadi bagian dari anggota kedinasan adalah sesuatu yang menguras dana. Tapi boleh saya katakan dengan jujur dan berbangga hati kalau hal itu sama sekali tidak akan terjadi. Proses seleksi kedinasan tahun 2015 bisa dibilang jujur dan transparan. Selagi kamu benar benar mampu dan berkompeten, kamu pasti bisa. Oh iya pastikan kamu dalam keadaan sehat dan fisik yang prima, serta kemampuan akademis yang mumpuni.

2. Coba mendaftar menjadi Low Staff di Kantor.
Mau ga mau nih, ya memang ini hal yang harus berani kalian lakukan. Jadi kasir, customer service, cleaning service, dll. Tapi ini hal yang paling mudah untuk kalian bisa mendapatkan uang tambahan, ya walaupun ga begitu banyak, setidaknya lebih baik dari menganggur bukan? Atau yang lagi rame di tahun 2019 ini mendaftar sebagai driver gojek yang pendapatannya bisa 200-250rb per harinya. Atau kalau kalian merasa punya soft skill dibidang editing kalian bisa coba untuk melamar sebagi foto editor di sebuah studio photo atau toko percetakan.

3. Manfaatkan Media Online.
Untuk yang ini sedikit rumit nih teman teman. Kamu harus bisa putar otak untuk membuat sesuatu yang kreatif. Kamu bisa manfaatkan platform seperti youtube, atau blog untuk memperoleh rupiah demi rupiah. Yang jelas untuk tips ini kalian harus bener bener niat supaya bisa punya nama, untuk memperoleh views dari pengguna internet. Kalian bisa share ke temen temen kalian atau bagiin langsung sticker nama channel atau nama blog kalian langsung ke orang orang yang kalian temuin nih.

Sebenarnya masih banyak hal lain yang bisa kalian lakukan, contoh kalau kalian ingin membuat sebuah layanan jasa online. Dengan dana minim, kalian tidak perlu menyewa programmer untuk membuat website atau membuat aplikasinya. Kalian bisa hubungi teman kalian yang kuliahnya jurusan IT. Mulai obrolan dengannya apa yang bisa kalian lakukan. Nah sebelum melucurkan layanan kalian bisa buat sebuah petisi ke grup grup online yang ada untuk memastikan jumlah target pengguna yang diharapkan. Kalau tidak tercapai ubah idenya, kalau tercapai luncurkan dan lanjutkan.

Sekian yang bisa aku sampaikan di thread kali ini. Intinya semangat dan jangan menyerah, seperti yang Soekarno pernah bilang, "Bermimpilah setinggi langit, maka kau akan jatuh di antara bintang bintang." Artinya jangan takut bermimpi, semua punya kesempatan dan semua pasti bisa. Percayalah teman masa muda itu banyak yang bisa kalian lakukan, sekarang kembali kepada
kalian apakah kalian mau memulai atau berhenti menyia nyiakan kesempatan yang ada?
Semangat!

Post a Comment

1 Comments

  1. Sedikit lebih merasa termotivasi. Terimakasih kak :)

    ReplyDelete

Give your advice, Thanks

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)