Tips Mengerjakan Soal TKP seleksi PKn STAN




    Halo teman teman, apa kabar?

    Ada yang baru tamat sma dan ingin melanjutkan pendidikan sebagai mahasiswa kedinasan STAN?Atau udah gagal tahun kemarin dan ingin mengikuti seleksi kembali tahun ini? Berdasarkan pengalaman, banyak dari para peserta yang gagal mengikuti seleksi di tahap tes kepribadian atau biasa disebut TKP. Apasih tes TKP itu?

    Pada dasarnya tes kepribadian ini bukanlah tes yang harus mengandalkan kecerdasan para peserta. Tes ini dilakukan hanya untuk menguji kepribadian peserta. Hanya saja seringkali pada soal TKP opsi atau pilihan yang diberikan seringkali mengecoh para peserta, ditambah lagi poin jawaban yang sangat mempengaruhi peluang lulus tes kepribadian. Untuk tahun ini jumlah soal tes kepribadian ada 36 soal, dimana ambang batas lulus adalah 29 dengan soal benar mendapat nilai 5, jadi kalian itu bisa dibilang hanya boleh menjawab opsi salah sampai 6 soal aja nih teman teman, lebih dari 6 kalian harus dengan berat hati menerima kegagalan.

    Nah jadi apasih tips tips yang bisa kalian lakukan untuk lulus pada tahap tes kepribadian ini? Berikut tips tips yang bisa kalian persiapkan dan laksanakan.

1. Perbanyak latihan mengerjakan soal soal TKP
    Ya yang pertama tentu mau gak mau nih, kalian harus mengenali dulu bentuk soal tkp itu bagaimana. Kalian harus biasakan diri kalian membahas soal soal tkp. Nah setelah kalian sudah sering bertemu dengan bentuk bentuk soal tkp, langkah yang kedua adalah. Kalian bisa memperoleh soal soal TKP dari situs situs belajar, atau bimbel online semacam Ruangguru atau yang lagi lumayan dikenal Pahamify, bimbel online yang praktis dan harganya jauh lebih murah dibanding Ruangguru. Kalian juga bisa latihan dengan mengikuti banyaknya TO (Try Out) online yang diselenggarakan pihak pihak tertentu yang tentunya akan semakin mengasah kemampuan kamu. Dan last but not least, buku tetap jadi yang paling mudah untuk di akses, kalian bisa beli buku TKP di toko toko atau mall di daerah mu.

2. Berpikir sewajarnya
    Cobalah untuk berpikir sesederhana mungkin, jangan terlalu banyak membuat kemungkinan kemungkinan yang ada dalam pikiran. Kemungkinan kemungkinan yang kamu ciptakan di pikiran mu sendiri justru akan membuat mu semakin pusing. Memilih jawaban aja udah pusing, apalagi ditambah kemungkinan yang ada di pikiranmu. Banyak dari para peserta yang terkecoh akan jawaban yang bisa jadi bisa tidak. Inti dari TKP yaitu pilihlah jawaban yang paling masuk akal. Biasanya jawaban yang masuk akal itu adalah jawaban yang sesuai dengan akibatnya.
    Contoh:
Benar: Saya sedih dan mengungkapkan rasa ketidaksukaannya padanya
Salah: Saya sedih namun saya memilih diam dan menerima kehadirannya

3. Berpikir singkat
    Poin ke dua membawa kita ke poin yang ketiga ini, yaitu berpikir dengan singkat. Ingat jangan terlalu banyak berpikir, waktu terus berjalan. Kamu harus mampu berpacu dengan waktu dan tetap berfokus pada soal. Lebih baik lanjut ke soal berikutnya daripada harus mentok di soal yang masih bikin kamu sendiri ragu. Baca dengan teliti, tentukan jawaban yang sewajarnya.

     Mungkin hanya itu tips yang bisa sampaikan. Semoga apa yang saya sampaikan ini bisa bermanfaat bagi teman teman semua. Buat kalian yang pingin konsultasi bisa klik menu "Tanya Admin" di homepage ya. Yang paling penting dari itu semua adalah jangan lupa berdoa dan ingat selalu untuk tetap berlatih. Ala bisa karna biasa.

Semoga berhasil!

Post a Comment

0 Comments